Monday 22 August 2016

Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen atau disebut juga akuntansi manajerial adalah bidang akuntansi yang menghasilkan informasi untuk membantu manajmen dalam merencanakan dan mengendalikan operasi perusahaan. hal ini mencakup pengelolaan berbagai aset dan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. 

manajemen
akuntansi manajemen

akuntansi manajemen sering kali harus memberi informasi yang bersangkutan dengan masa yang akan datang karna sifat keputusan yang diambil berkaitan dengan masa yang akan datang. aktifitas yang merupakan bagian dari akuntansi manajemen meliputi :
  1. menetapkan biaya manufaktur dan biaya non-manufaktur dan bagaimana melaporkannya dalam laporan keuangan. 
  2. Menghitung biaya untuk menghasilkan jasa atau menghasilkan suatu produk. 
  3. Menentukan perilaku biaya dan beban sejalan dengan perubahan tingkat aktivitas dan menganalisis hubungan biaya-volume-laba dalam suatu perusahaan. 
  4. Membantu manajemen dalam perencanaan laba dan merumuskan rencana tersebut dalam bentuk anggaran (budget) 
  5. Memberi masukan untuk pengendalian biaya dan beban dengan membandingkan hasil sesungguhnya dengan tujuan yang direncanakan dan biaya standar. 
  6. Mengumpulkan dan menyajikan data untuk pengambilan keputusan manajemen.
Akuntansi manajemen diterapkan pada semua jenis bisnis baik perusahaan jasa, perdagangan maupun manufaktur. selain itu juga diterapkan pada semua bentuk organisasi perusahaan baik perusahaan perorangan, persekutuan maupun perseroan. Akuntansi manajemen dibutuhkan baik oleh entitas yang bertujuan mencari laba maupun perusahaan nirlaba.

Baca juga: jenis-jenis akuntansi

Di masa lalu, akuntansi manajemen lebih dikenal dengan nama akuntansi biaya yang berfungsi mengumpulkan dan melaporkan biaya kepada manajemen. Akhir-akhir ini peran bidang akuntansi ini telah berubah secara signifikan.
  1. Sejalan dengan perubahan lingkungan bisnis yang semakin didominisasi metode untuk menentukan jumlah dan jenis biaya dalam suatu produk juga telah berubah.
  2. Akuntan manajerial dimasa sekarang bertanggung jawab dalam manajemen biaya stratejik; yaitu membantu dalam mengevaluasi bagaimana perusahaan mengelola sumber-sumber daya yang dimilikinya.
Itulah sebabnya akuntan manajemen masa sekarang dilibatkan dalam tim yang anggota-anggotanya mencakup personil dari bidang produksi, pemasaran dan tehnik apabila perusahaan harus mengambil keputusan stratejik.

Kesempatan bagi akuntan manajerial untuk mengembangkan karir dalam perusahaan semakin terbuka. Eksekutif keuangan harus memiliki latar belakang yang mencakup juga pemahaman atas konsep-konsep akuntansi manajemen. apapun posisi anda dalam perusahaan, apakah di bidang marketing, penjualan atau produksi, pengetahuan tentang akuntansi manajerial akan sangat membantu dalam perkembangan karir anda.

sumber:   Dasar-Dasar Akuntansi jilid II, edisi 7,
                Drs. Al. Haryono jusup, M.B.A., Ak.
                Universitas Gadjah Mada
penerbit:  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN


EmoticonEmoticon