Thursday 15 September 2016

Jenis-jenis piutang

jenis-jenis piutang~ apa yang membuat piutang itu timbul?

piutang itu timbul apabila perusahaan melakukan penjualan barang atau jasa secara kredit kepada pihak lain. piutang merupakan tagihan si penjual kepada si pembeli sebesar nilai transaksi penjualan. piutang bisa juga timbul apabila perusahaan memberi pinjaman sejumlah uang kepada pihak lain.
piutang
Piutang
lalu apa itu piutang? piutang pada hakekatnya merupakan hak untuk menerima sejumlah uang diwaktu yang akan datang yang timbul dari transaksi pada saat ini. piutang merupakan milik perusahaan dan dengan demikian merupakan aset perusahaan. dan setiap transaksi piutang selalu melibatkan dua pihak, yaitu:

  • kreditur, yaitu pihak yang mendapat pitang atau tagihan ( sebuah aset )
  • Debitur, yaitu pihak yang berkewajiban membayar hutang ( sebuah kewajiban )
Piutang usaha bisa dikelompkkan menjadi tiga golongan yaitu, piutang usaha, piutang wesel dan piutang lain-lain, dibawah ini penjelasannya:

1. Piutang usaha
Piutang usaha adalah tagihan perusahaan kepada konsumen yang melakukan transaksi secara kredit. perusahaan biasanya mengharapkan akan dapat menerima kas dari transaksi tersebut dalam waktu 30-60 hari. piutang usaha biasanya merupakan jenis tagihan yang paling signifikan dalam perusahaan.


2. Piutang Wesel
Piutang wesel adalah tagihan perusahaan yang didukung dengan instrumen formal sebagai bukti tagihan yang disebut surat wesel. Piutang wesel biasanya memiliki jangka waktu pelunasan yang lebih panjang daripada piutang usaha, yaitu sekitar 60-90 hari atau bahkan lebih panjang, dengan kewajiban bagi si debitur untuk membayar bunga. Piutang wesel dan piutang usaha yang timbul dari transaksi penjualan secara kredit disebut piutang usaha.

3. Piutang lain-lain
Piutang lain-lain mencakup semua tagihan yang bukan piutang usaha. Termasuk dalam jenis piutang ini adalah piutang yang timbul dari pemberian pinjaman kepada pihak lain, pinjaman kepada para karyawan, uang muka gaji kepada karyawan, dan uang muka pajak (pajak yang ditangguhkan).

Nah itu dia jenis-jenis piutang secara ringkasnya. untuk lebih dalam mengenai piutang nanti saya update lagi. terima kasih dan semoga bermanfaat.


Sumber: 
               Dasar - Dasar Akuntansi jilid II, edisi 7, 
               Drs. Al. Haryono jusup, M.B.A., Ak.
               Universitas Gadjah Mada
               Penerbit, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN


1 comments

polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.


EmoticonEmoticon